Kamis, 19 Desember 2013

DEMAM BERDARAH

Saat  musim penghujan tiba, maraknya penyakit-penyakit yang timbul karena pergantian  musim. Diantaranya yaitu penyakit demam berdarah. Demam berdarah banyak di temukan di daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis khususnya di  tempat yang lembab atau basah.
Mekanisme pertama, transmisi vertikal dalam tubuh nyamuk. Virus dapat ditularkan oleh nyamuk betina pada telurnya, yang nantinya akan menjadi nyamuk.
Virus juga dapat ditularkan dari nyamuk jantan pada nyamuk betina melalui kontak seksua. Mekanisme kedua, transmisi virus dari nyamuk ke dalam tubuh mahluk vertebrata dan sebaliknya. Yang dimaksud dengan mahluk vertebrata disini adalah manusia dan kelompok kera tertentu.

            Demam berdarah ( DB ) adalah penyakit demam akut yang di sebabkan oleh virus dengueyang masuk melalui peredaran darah manusia. Penyakit ini berasal dari gigitan nyamuk dari jenis aedes,yaitu di antaranya aedes aegypti atau aedes albopictur. Terdapat empat jenis nyamuk dengan virus dengue tpi dengan lain bentuk dan jenis. Tapi di antara ke empat jenis yamuk tadi sama-sama menyebabkan demam berdarah.
Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti:
  • Berwarna hitam dan belang- belang ( loreng) putih pada seluruh tubuh
  • Berkembangbiak di tempat penampungan air ( TPA) dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang seperti: Bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, ban bekas, dll.
  • Nyamuk aedes Aegypti tidak dapat berkembang biak di selokan /got atau kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah
  • Biasanya menggigit manusia pada pagi atau sore hari
  • Mampu terbang sampai 100 meter
Tentunya, berbagai macam penyakit daapat di cegah dengan cara-cara yang benar. Salah satu bentuk pencegahan dari virus dengue ini yaitu:
·         Menjaga kebersihan lingkungan
·         Menguras bak mandi dengan teratur
·         Menutup lubang-lubang yang dapat tergenangair
·         Melalukan penyemprotan anti nyamuk
·         Pemberian abate agar nyamuk bisa mati
Gejala demam berdarah :
 
·         Mendadak panas tinggi selama 2-7 hari.
·         Muncul bintik-bintik merah pada seluruh badan.
·         Pendarahan pada hidung
·         Mungkin akan berlanjut pada muntah atau berak darah.
·         Apa bila penyakit ini semakin parah maka si penderita akan mengalami kegelisahan,tangan dan kakinya berkeringat.
·         Trombositopenia dari penderita meningkat ( =100.000 per mm3)
·         Pembesaran plasma yang berhubungan erat dengan kenaikan permeabilitas dinding pembuluh darah.
  
Mengenai cara penyalahgunaan yang telah terkena virus ini yaitu dengan perawatan para medis yang profesional. Untuk proses pemulihan dari penyakit ini yaitu dengan cara:
1.Mendapatkan banyak istirahat
2.Minum banyak cairan
3.Minum obat untuk mengurangi demam
Penyakit demam berdarah dapat menyebabkan shock dan koma, dapat dilakukan dengan pengobatan berupa cairan dan penggantian elektronik agar nyawa dari penderita penyakit ini dapat terselamatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar